dunia marketing/pemasaran
Mempelajari dunia marketing penting untuk menampilkan artikel yang dibutuhkan pelanggan anda. Jika penanggung jawab website tidak mengerti marketing, maka dia lebih memfokuskan kepada perusahaan maupun product di mana dia bekerja. Jika apa yang dia tulis mencerminkan kebutuhan pelanggan, misalnya kebutuhan pelanggan akan kepastian kehebatan suatu merek atau perusahaan, itu tidak apa-apa. Tetapi akan lebih baik kalau dia berusaha mengerti kebutuhan pelanggan, dan kemudian menuliskan artikel-artikel yang memenuhi kebutuhan pelanggan.
Pelanggan biasanya mencari produk tertentu sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Mereka mempunyai kriteria atau spesifikasi tertentu. Mereka mempunyai kosa kata atau perbendaharaan mereka sendiri, yang belum tentu tepat seperti yang kita buat di dalam spesifikasi produk kita. Harus jeli menebak bahasa pelanggan kita, dan menerjemahkan dalam artikel-artikel atau spesifikasi-spesifikasi yang mudah dimengerti pelanggan.
Kadang-kadang kita ingin menunjukkan banyak feature di produk kita. Inipun harus hati-hati, harus ditonjolkan feature-feature yang benar-benar dibutuhkan pelanggan.
Pelanggan juga membutuhkan informasi availability, atau kepastian adanya barang tersebut berikut harganya. Pelanggan senang jika menemukan informasi harga.
Godaan yang besar bagi yang tidak mengerti marketing biasanya melakukan pendekatan dari dalam ke luar. Apa yang menjadi kekuatan perusahaan ditonjolkan.
Bagi yang mengerti marketing, dia akan menonjolkan dari luar ke dalam, apa yang menjadi kebutuhan pelanggan dikelola, dan diwujudkan dalam ide-ide inovatif untuk melayani kebutuhan pelanggan. Ini akan menambah loyalitas pelanggan dalam jangka panjang.
0 komentar:
Posting Komentar