Disebelah saya adalah Untung Suwarso, Direktur dari Indonesia Trade Promotion Center atau ITPC di Sao Paulo. Foto ini diambil di kantor ITPC yang berlokasi di Edificio Park Lane, Alameda Santos 1787. Tugas Pak Untung adalah mempromosikan produk Indonesia di Brazil. Karena itu, ruangan tamu kantor ITPC mirip Showroom yang dipenuhi oleh berbagai sampel produk.
Sebagai pejabat senior Depdag, Pak Untung sudah pernah ditempatkan di Tokyo juga sebagai Atase Perdagangan di KBRI disana. Dari pembicaraan saya, kelihatan Pak Untung yang pernah mengambil Graduate Program di Amerika itu, sangat analitis.
Ini hanya beberapa contoh dari hasil analisa Pak Untung terhadap dua puluh Komoditi Indonesia, baik yang Utama maupun yang Potensial. Dengan melakukan analisa seperti itu, maka upaya ITPC bisa lebih terfokus. Di Kelapa Sawit, misalnya yang diperlukan tentunya “defensive strategy”, karena share sudah besar. Sedang di kelompok Karet dan Komponen Motor, lebih diperlukan “offensive startegy”.
0 komentar:
Posting Komentar